Rabu, 02 Maret 2011

Pelaporan SPT PPh Pribadi 1770, 1770S dan 1770SS

Banyak orang yang masih bingung dengan pelaporan SPT tahunan pribadi mereka, ditambah lagi dengan deadline pelaporan dan pembayaran SPT yang semakin dekat, yaitu 31 Maret 2010. Apalagi untuk pengisian formulir SPT tersebut juga memiliki kolom-kolom yang beraneka ragam dan jenis formulir yang beraneka ragam (1770, 1770S dan 1770SS)
Untuk itu saya bantu jelaskan jenis-jenis formulir Surat Pemberitahuan Tahunan dan kegunaannya supaya anda dan rekan-rekan anda tidak bingung dan bisa menentukan formulir apa yang cocok untuk anda gunakan.
  1. Formulir SPT 1770 --> Formulir 1770 digunakan untuk pelaporan SPT dimana pribadi tersebut memiliki usaha sendiri, atau memiliki usaha sendiri dan bekerja pada perusahaan lain (dimana diberikan bukti potong A1). Untuk formulir ini pribadi tersebut bisa menggunakan pembukuan untuk pelaporan peredaran usahanya setahun ataupun dengan penggunaan norma, yang mana penggunaan norma ini digunakan sebagai dasar pemotongan peredaran usaha setahun.
  2. Formulir SPT 1770S --> Formulir 1770S digunakan untuk pelaporan SPT dimana pribadi tersebut bekerja pada lebih dari 1 pemberi kerja ataupun bekerja pada 1 pemberi kerja tapi memiliki penghasilan diatas 60 juta setahun.
  3. Formulir SPT 1770SS --> Formulir 1770SS digunakan untuk pelaporan SPT dimana pribadi tersebut bekerja pada 1 pemberi kerja saja dan berpenghasilan tidak lebih dari 60 juta setahun.
Pada formulir SPT tersebut selalu ada kolom harta yang harus dilaporkan, sebaiknya anda melaporkan harta yang benar-benar anda punyai, tapi jangan lupa untuk mensetting agar penghasilan yang anda punyai dan harta yang anda laporkan bisa proporsional dan bisa diterima dengan baik waktu anda melaporkan SPT tersebut.
Sekian penjelasan saya mengenai jenis-jenis formulir SPT. Untuk pengisiannya akan saya jelaskan lebih lanjut di Pelaporan SPT PPh Pribadi 1770, 1770S dan 1770SS part 2.

Best Regard,
 
DConsulting Public Consultant
Accounting-Tax-System-Finance Consultant
Total Solution For Your Business Growth

Tidak ada komentar:

Posting Komentar